Other Information Background Home

Psychology Article

KRITIK DIRI?

KRITIK DIRI?

Kritik diri atau self-criticism adalah bentuk self-talk di mana kamu mencoba untuk mengevaluasi dirimu juga menilai kekurangan atau kesalahan yang telah kamu perbuat.
Kritik diri terjadi ketika kamu mencoba untuk membandingkan realita yang terjadi dalam kehidupanmu dengan kondisi ideal yang kamu harapkan terjadi di realita.

Jika ternyata realita tidak sesuai dengan kondisi ideal yang diharapkan, maka seorang individu akan berusaha untuk mengevaluasi dirinya melalui kritik diri. Hal ini bisa mendorong individu untuk meningkatkan performanya atau justru ragu untuk melakukan berbagai hal karena khawatir hal tersebut akan berakhir menjadi suatu kegagalan.

Beberapa tanda kalo kamu terlalu mengkritik dirimu sendiri
1. Kamu tidak berani mengambil risiko
2. Kamu khawatir untuk menyampaikan opinimu
3. Kamu sering membandingkan dirimu dengan orang lain
4. Kamu memiliki standar yang tinggi hingga sulit untuk dicapai
5. Kamu memiliki gambaran diri yang rendah
6. Kamu tidak menghargai pencapaian yang telah kamu raih

Bagaimana cara mengurangi kritik diri yang berlebihan?
Kritik diri yang berlebihan dapat dikurangi dengan meningkatkan self-compassion. Self-compassion adalah upaya pemahaman positif dan kebaikan terhadap dirimu ketika mengalami kesulitan. Self-compassion membantu kamu menerima kegagalan tanpa menghakimi dirimu sendiri atas kesalahan dan kekurangan yang kamu miliki.
Self-compassion menjadi tindakan yang baik untuk dirimu sendiri yang sedang terpuruk dan memaafkan dirimu atas kekurangan yang kamu miliki.

REFERENSI
Chang, E. C. (2008). Self-criticism and self-enhancement: Theory, research, and clinical implications (pp. xvi-291). American Psychological Association.
Neff, K. (2003). Self-compassion: An alternative conceptualization of a healthy attitude toward oneself. Self and identity, 2(2), 85-101.
Psychology Article KRITIK DIRI?

Latest Psychology Article

Stres Terus Menerus dapat Menyebabkan KankerStres Terus Menerus dapat Menyebabkan Kanker?
Ada anggapan di masyarakat bahwa stres yang dialami seorang individu secara terus menerus dapat menyebabkan penyakit serius seperti kanker. Ini sekedar mitos atau fakta ya?
BENTUK-BENTUK KEKERASAN DALAM PACARAN
Kekerasan dalam pacaran dapat diartikan sebagai upaya seseorang untuk menunjukkan dominasi dan serta untuk mengontrol pasangannya. Kekerasan dalam pacaran umumnya digambarkan dalam bentuk kekerasan fisik. Namun KLEEzen, kekerasan dalam pacaran yang mungkin terjadi beragam macam bentuknya. Apa sajakah itu?
Sulit Mengendalikan Emosi, Pikiran, dan Perilaku? Jangan-jangan ...
Borderline personality disorder adalah gangguan kepribadian yang ditandai dengan adanya suasani hati, pikiran, emosi, dan perilaku yang tidak menentu dan cenderung impulsif. Gangguan ini umumnya terjadi pada masa remaja akhir atau dewasa awal